INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI PROGRAM AREK LANCOR DI DISDUKCAPIL KABUPATEN PAMEKASAN

Roni Romadhoni, Mohammad Fahrur Rozi

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi inovasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik melalui program AREK LANCOR (Arekkam Langsung Cetak Tak Osa Ka Kantor) yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pamekasan. Program ini memungkinkan pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (E-KTP) secara langsung bagi kelompok rentan tanpa harus datang ke kantor. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program AREK LANCOR memenuhi lima indikator utama inovasi sebagaimana dikemukakan oleh Rogers, yaitu keunggulan relatif, kesesuaian, kompleksitas, dapat dicoba, dan dapat diamati. Implementasi program ini telah secara signifikan meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya bagi lansia, orang sakit, dan penyandang disabilitas mental. Meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur teknis dan koordinasi antarinstansi, program ini menjadi model nyata pelayanan yang responsif dan inklusif. Studi ini menegaskan pentingnya inovasi berkelanjutan dalam mendukung reformasi birokrasi dan peningkatan mutu pelayanan publik.


Keywords


Pelayanan publik, inovasi, AREK LANCOR, E-KTP, Pamekasan

Full Text:

PDF

References


Buku

Kurniullah, A. Z. (2021). Metode penelitian sosial.

Arsita, M. (2021). Cerita rakyat Desa Muara Gula Lama. Jawa Tengah.

Fitrah, M. (2017). Metode penelitian: Penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Jawa Barat.

Rakhmat. (2018). Administrasi dan akuntabilitas publik.

Suwarno, Y. (2008). Inovasi di sektor publik. Jakarta.

Jurnal

Nurmadi, A. (2010). Manajemen pelayanan publik. Jurnal, 16–19.

Ariyandi, A. (2016). Inovasi pelayanan publik: Studi pada pelayanan kesehatan melalui program Gebrakan Suami Siaga di Puskesmas Gucialit Kabupaten Lumajang. Jurnal, 157.

Putri, E. K. (2018). Inovasi pelayanan akta kelahiran melalui e-government di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta. Jurnal, 72.

Rahmawati, E. (2017). Inovasi pelayanan akta kelahiran anak oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Jurnal, 27–28.

Rezha, F. (2016). Analisis pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat. Jurnal, 938.

Badri, M. (2019). Adopsi inovasi aplikasi transportasi daring pada generasi pasca-milenial di Kota Pekanbaru. Jurnal, 117–118.

Pratiwi, M. (2018). Inovasi pelayanan publik “Motor Pelayanan Lorong TA” pada Kantor Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurnal, 145.

Wijaya, R. A. (2019). Pentingnya pengelolaan inovasi dalam era persaingan. Jurnal, 217–227.

Yanuar, R. M. (2019). Inovasi pelayanan publik (Studi kasus: Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bantul sebagai layanan kesehatan dan kegawatdaruratan). Jurnal, 7–8.

Yanuar, R. M. (2019). Inovasi pelayanan publik. Jurnal, 7.

Elkesaki, R. A. (2021). Inovasi pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kota Bandung. Jurnal, 69.

Cahyadi, R. (2016). Inovasi kualitas pelayanan publik pemerintah daerah. Jurnal, 571.

Wahyudi, S. (2019). Teori inovasi: Sebuah tinjauan pustaka. Jurnal, 97.

Skripsi

Fatmawati, A. (2020). Inovasi pelayanan publik bidang administrasi kependudukan (Studi kasus kartu identitas anak pada Dukcapil Kota Mataram) (Skripsi, tidak diterbitkan).

Maulana, F. (2020). Inovasi pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman (Studi kasus pelayanan E-KTP keliling) (Skripsi, tidak diterbitkan).

Fayyadh, M. H. (2021). Inovasi pelayanan E-KTP di masa pandemi Covid-19 (Studi kasus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya) (Skripsi, tidak diterbitkan).




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/aspirasi.v5i1.2571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Published by Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website:http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_aspirasi

Email: aspirasi@uniira.ac.id 

Creative Commons License
ASPIRASI by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.