Analisis Rasio Likuiditas dan Rasio Solvabilitas Untuk Menunjang Kinerja Manajemen CV. Wardhana

Bachtiar Rahman Halik, Novrida Qudsi Lutfillah, Onny Purnama Yudhia

Abstract


Suatu Perusahaan akan berkembang atau tidak dasar penilaiannya adalah Laporan Keuangan yang disajikan setiap periode tahun. Hasil dari analisis laporan keuangan inilah yang nantinya sangat bermanfaat bagi pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen perusahaan. Terutama pada perusahaan yang bergerak dibidang peralatan industri yang ada di Indonesia diharapkan dapat mempersiapkan diri dan meningkatkan daya saing produknya, sehingga mampu bersaing dengan produk dari Negara lain. Dalam mengevaluasi kinerja keuangan dapat dilakukan dengan menggunakan analisis laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis rasio likuiditas, dan rasio solvabilitas untuk menunjang kinerja manajemen CV. Wardhana. Penelitian ini menggunakan metode analisa horizontal dengan penelitian kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang akan dianalisa dengan metode deskriptif analisis. Landasan teori yang digunakan adalah variabel bebas dan variabel terikat. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Rasio likuiditas kurang baik. Rasio solvabilitas khususnya Debt to Equity Ratio kurang baik, hal ini menunjukkan bahwa usaha operasional perusahaan banyak dibiayai dari sektor hutang (perusahaan tidak sehat).


Keywords


Debt to Equity Ratio ; Rasio Likuiditas ; Rasio Solvabilitas ; Kinerja Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Agus Sartono. 2010. Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Operating Capacity, Dan Sales Growth Terhadap Financial Distress. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Erawati, A. P. 2014. Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Return on Equity, Net Profit Margin dan Earning per Share Terhadap HARGA Saham (Study Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011), Jurnal Akuntansi Vol.2 No.1. Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Kasmir. 2013, Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers: Jakarta.

Kuncoro, M. 2003, Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. UPP-AMP YKPN, Yogyakarta.

Maith, H. A. 2013. Analisis Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja Keuangan pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna TBK. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 September , Hal.619-628. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado.

Pongoh, M. 2013. Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. Bumi Resources TBK, Jurnal EMBA 669 Vol.1 No.3 September, Hal. 669-679. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado.

Subramanyam dan John. J. Wild. 2012, Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/aktiva.v5i2.914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

 

 

    

 Member Of:

 

Reference Manager:

  

Published by Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_aktiva/index

Email: jaa.unira@gmail.com

AKTIVA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.