Pengaruh Pengetahuan dan Motivasi Investasi terhadap Keputusan Berinvestasi pada Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung

Asyari Dila Augusta, Allana Dianzah Apriliani, Cahya Nur Hakim

Abstract


Penelitian ini mengkaji dampak pengetahuan dan motivasi investasi terhadap keputusan berinvestasi mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. Penelitian ini menggunakan data primer dengan jenis penelitian kuantitatif serta menggunakan metode probability sampling dengan Simple Random Sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Analisis dan pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SPSS dengan metode analisis regresi linier berganda. Dalam konteks kemajuan ekonomi dan teknologi komunikasi, keputusan berinvestasi menjadi aspek krusial dalam manajemen keuangan pribadi. Motivasi seseorang dalam mengambil keputusan atau bertindak melakukan sesuatu dapat dipengaruhi oleh pengetahuan yang memadai. Di Indonesia, minat dan motivasi untuk melakukan investasi temasuk kategori yang cukup rendah. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman dan pengetahuan terkait pasar modal sebagai platform untuk berinvestasi. Oleh karena itu, mahasiswa, demi memiliki kondisi finansial yang layak dan lebih baik di masa depan, diharapkan untuk mulai melakukan investasi di beberapa sektor, seperti pasar modal. Terdapat berbagai perbedaan hasil yang bertolak belakang pada beberapa penelitian sebelumnya, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan dan motivasi berinvestasi dapat memengaruhi keputusan mahasiswa Politeknik Negeri Bandung dan relevansinya dalam konteks pasar modal.

Kata kunci: Investasi; Investasi Mahasiswa; Pengetahuan Investasi; Motivasi Investasi; Keputusan Investasi; Pasar Modal


Keywords


Investasi; Investasi Mahasiswa; Pengetahuan Investasi; Motivasi Investasi; Keputusan Investasi; Pasar Modal

Full Text:

PDF

References


Aulia, A., & Ariyanto, A. (2021). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Kontrak PT ISS Indonesia Bintaro. In Journal of Trends Economics and Accounting Research (Vol. 1, Issue 4).

Azizah, N. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Tingkat Risiko, Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Galeri Investasi UHAMKA. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 6(2), 125. https://doi.org/10.36339/jaspt.v6i2.543

Bebasari, N., & Istikomah, A. (n.d.). The Effect of Investment Motivation, Financial Literation, and Financial Behavior on Investment Decisions (Studies on Management Students at Pelita Bangsa University). https://ojk.go.id

Chasanah, A. N., Wardani, M. F., & Safeta, M. H. (n.d.). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, MOTIVASI, DAN PERCAYA DIRI TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI BAGI MAHASISWA.

Hariani, M., & Irfan, M. (2021). Keluarga, Konsep Diri, dan Risiko: Determinan Intensi Berwirausaha Bagi Mahasiswa Prodi Akuntansi. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(1), 11–16. https://journal.fkpt.org/index.php/jtear

Hati, S. W., & Harefa, W. S. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL BAGI GENERASI MILENIAL (STUDI PADA MAHASISWI JURUSAN MANAJEMEN BISNIS POLITEKNIK NEGERI BATAM). In Journal of Business Administration (Vol. 3, Issue 2).

Maharani Abhelia Simanjuntak, R. (n.d.). Pengaruh pengetahuan investasi, manfaat motivasi, dan modal minimal investasi terhadap keputusan investasi di Pasar Modal. https://doi.org/10.33395/owner.v6i4.11186

Maya Sari, V., Kencono Putri, N., Arofah, T., & Suparlinah, I. (2021). Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Dasar Investasi, Modal Minimal, Dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa. In Jurnal JDM (Vol. 4, Issue 1).

Mulyana, M., Hidayat, L., & Puspitasari, R. (2019). Mengukur Pengetahuan Investasi Para Mahasiswa Untuk Pengembangan Galeri Investasi Perguruan Tinggi. In © Forum Dosen Indonesia (Vol. 3, Issue 1).

Rizki, O. :, & Pajar, C. (n.d.). PADA MAHASISWA FE UNY INFLUENCE OF INVESTMENT MOTIVATION AND INVESTMENT KNOWLEDGE ON INVESTMENT INTEREST IN CAPITAL MARKET IN STUDENTS FE UNY.

Stie, K., & Palembang, M. (2011). PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT BERINVESTASI DI PASAR MODAL DENGAN PEMAHAMAN INVESTASI DAN USIA SEBAGAI VARIABEL MODERAT (Vol. 1, Issue 2).

Triana, O. F., & Yudiantoro, D. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, dan Motivasi Terhadap Keputusan Berinvestasi Mahasiswa di Pasar Modal Syariah. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1), 21–32. https://doi.org/10.36407/serambi.v4i1.517

Windreis, C., Akuntansi, K., & Riau, D. (2021). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pasien dengan Pelayanan Sebagai Variabel Intervening Pada RS Bina Kasih Pekanbaru. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 1(4), 142–146. https://journal.fkpt.org/index.php/jtear

Yuliani, W., Usman, S., & Sudarwadi, D. (n.d.). Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen ANALISA MINAT INVESTASI PASAR MODAL PADA MAHASISWA FEB DI UNIVERSITAS PAPUA.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/aktiva.v8i2.2155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

 

 

    

 Member Of:

 

Reference Manager:

  

Published by Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_aktiva/index

Email: jaa.unira@gmail.com

AKTIVA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.