PENGARUH PENGUNGKAPAN ESG PADA PERUSAHAAN LQ45KEHATI TERHADAP KUALITAS KINERJA PERUSAHAAN

Trisnawati -, Siti Nur Azizah, Fathya Putri Firiani, Dr. Darmawan, SPd., MAB -

Abstract


Keterbaruan terkait investasi dan keuangan terutama pada praktik pelaksanaannya   harus menerapkan investasi berkelanjutan (Sustainable Investing). Praktik ini menekankan pada investor untuk memperhatikan tiga konsep keberlanjutan yang dikenal dengan lingkungan (Enviromental), sosial (Social) dan tata kelola (Governance) atau dikenal ESG sebelum memilih untuk berinvestasi. Dalam hal ini, setiap perusahaan yang awalnya hanya melaporkan terkait laporan keuangan, saat ini pada 2021 laporan terkait keberlanjutan harus dicantumkan pada laporan yang terdapat pada BEI. Untuk itulah, penelitian ini memiliki tujuan menganalisis terkait pengaruh pengungkapan ESG pada salah satu perusahaan yang memiliki likuiditas dan profitabilitas cukup tinggi yaitu perusahaan LQ45Kehati terhadap kualitas kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasioinal dengan metode statistik yang mengukur pengaruh anatara dua variable ataupun lebih dan menguji hipotesis dengan analisis Regresi Linier berganda. dengan analisis hipotesis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Enveromental, Social, and Governance secara terpisah tidak berpengaruh terhadap ROA dan PER namun, ESG secara Bersama-sama berpengaruh simultan terhadap ROA dan tidak berpengaruh simultan terhadap PER.

Kata Kunci: Enviromental, Social, Governance, ROA, PER

Keywords


Enviromental, Social, Governance, ROA, PER

Full Text:

PDF

References


Andi Ghazali, Z. (2020). Pengaruh Pengungkapan Enviromental,Social, and Governance Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Infrastruktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Prosiding SNAM PNJ , 3-4.

Cakranegara, P. A. (2021). Investasi Hijau : Mengintegrasikan Faktor Enviromental, Social dan Governance dalam Keputusan Investasi (Green Investment: Integrating Enviromental, Social and Governance Factors in Investment Decisions). Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Manajjemen (Jakman), 103-113.

Drs.R.Agus Sartono, M. (2001). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi Edisi 4. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

Dyah Nirmala Arum Janie, S. (2012). Statistik Deskriptif & Regresi Linear Berganda dengan SPSS. Semarang: Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(02), 2023, 2259-2263.

Lestari, M. I. (2023). Perilaku Konsumsi dan Keberlanjutan Kehidupan Dalam Perspektif Ekonomi Islam Berdasarkan Maqashid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(02), 2023, 2259-2263, 1-2.

Makiwan, G. (2018). Analisis RasiaLeverage untuk Mamprediksi Pertumbuhan Laba Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minum yang Terdaftar so Bursa Efek Indonesia 2011-2015. Jurnal bisnis, Manajemen dan Informatika, 152.

Nasihah, L. (2017). Price Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value (PBV) terhadap Return Saham dengan Earning Per Share (EPS) Sebagai Variabel Moderasi. 1-10.

Putri Sekar Sari, J. W. (2023). Pengaruh Environmental,Social,and Governance (ESG) Disclosure terhadap Kinerja Keuangan dengan Gender Diversity Sebagai Variabel Moderasi . Ilmiah Akuntansi dan Keuangan , 3634-3635.

Rini Suharyani, I. U. (2019). Pengaruh Tekanan Stakeholder dan Corporate Governance Terhadap Kualitas Sustainability Report . Akademi Akuntansi , 75-78.

Santoso, E. V. (2022). Ukuran perusahaan Sebagai Variabel kontrol: Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Business and economics conference in utilization of modern technology, 121.

Santoso, E. V. (2022). Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Kontrol: Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Journal unimma, 119-121.

Yustrianthe, D. H. (2022). Price earning ratio, ukuran dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5588-5590.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/aktiva.v8i2.2154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

 

 

    

 Member Of:

 

Reference Manager:

  

Published by Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_aktiva/index

Email: jaa.unira@gmail.com

AKTIVA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.