PERILAKU AKUNTAN DALAM PROSES PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN

Nur Anisah

Abstract


     Sikap merupakan sarana dalam mewujudkan perilaku, yang mana sikap merupakan hal yang mencakup semua kecenderungan yang bermanfaat maupun tidak dari tujuan manusia, objek, ide dan situasi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap dalam etika proses penyusunan laporan keuangan pada PT BPR Bank Jombang Perseroda. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan menjelaskan secara mendalam terkait dengan sikap dalam etika proses penyusunan laporan keuangan di PT BPR Bank Jombang Perseroda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para akuntan di PT BPR Bank Jombang Perseroda menunjukkan sikap afektif positif terhadap etika proses penyusunan laporan keuangan perusahaan. Para akuntan menunjukkan sikap afektif positif seperti perasaan senang, merasa perlu, merasa penting untuk menerapkan suatu etika dalam proses penyusunan laporan keuangan perusahaan. Seperti menyusun laporan dengan berlandaskan etika seorang akuntan, berdasarkan standar keuangan perusahaan, maupun menyusun laporan dengan memperhatikan tugas antar karyawan.


Keywords


attitude , ethics , financial statements.

References


A. A. Hinta, “Pengaruh Moral Hazard dan Adverse Selection Terhadap Kecenderungan Fraud Akuntansi (Studi Empiris di Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bonebolango, dan Kota Gorontalo,” Skripsi, pp. 1–2, 2018.

A. I. Lubis, Akuntansi Keperilakuan. Jakarta: Salemba Empat, 2014.

A. Amin, “Praktek Akuntansi Dalam Bingkai Etika Siri’na Pacce : Persepsi Mahasiswa Akuntansi,” ATESTASI J. Ilm. Akunt., vol. 2, no. 1, p. 52, 2019.

S. Halimah, Siti N., Rahman, Fatahatul., Sucipto, “Telaah Akuntansi Keperilakuan Terhadap Akuntansi Keuangan Pada PT Hexindo Adiperkasa, Tbk Cabang Kota Samarinda,” J. Akunt. Multi Dimens., vol. 1, no. 2, pp. 1–2, 2018.

R. . Supriyono, Akuntansi Keperilakuan. UGM PRESS, 2018.

A. Oktaviani, Shella C., Mashuni, Abdul W., “Pengaruh Faktor Keperilakuan Terhadap Kegunaan Sistem Keuangan Akuntansi Daerah di Kota Malang,” J. Ilm. Ris. Akunt., vol. 9, no. 2, pp. 35–38, 2020.

J. Anggito, Albi., Setiawan, Metodelogi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

K. Hardiyanti, Kiki., Astalini., Dwi, “Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 5 Muaro Jambi,” J. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 2, p. 3, 2018.

F. Nugrahani, Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/aktiva.v7i2.1616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

 

 

    

 Member Of:

 

Reference Manager:

  

Published by Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_aktiva/index

Email: jaa.unira@gmail.com

AKTIVA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.