PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA BIDANG KEUANGAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH

Rika Syahadatina, Ismiatika Fitriyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber daya manusia bidang keuangan dan sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Keberhasilan suatu entitas bukan hanya dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang dimilikinya melainkan kompetensi sumber daya manusia yang dimilikinya. Sistem pengendalian intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan uang dilakukan terus-menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan asset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai atau staff keuangan yang berada di Badan Pengelola Keuangan dan Asset Pemerintah Kabupaten Pamekasan terdiri 42 orang yang terdiri dari 40 orang PNS dan 2 orang tenaga honorer. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah sampling purposive, dan alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini, secara parsial variabel sumber daya manusia bidang keuangan tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan sedangkan sistem pengendalian internal berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan Sumber daya manusia bidang keuangan dan sistem pengendalian internal berpengaruh secara simultan terhadap kualitas laporan keuangan

Keywords


Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Internal, Kualitas Laporan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Arens, Alvin A., et al. (2006). Auditing dan Jasa Assurance. Alih bahasa: Herman Wibowo. Editor: Wibi Hardani, dan Suryadi Saat. Jakarta. Erlangga.

Arfan Ikhsan. 2010. Akuntansi Sumberdaya Manusia: Suatu Tinjauan Penilaian Modal Manusia. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Arina Roshanti, Edy Sujana, Kadek Sinarwati, Pengaruh Kualitas SDM, Pemanfaatan TI, dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah, e-Journal S1 Ak (Volume 2 No: 1 Tahun 2014.

Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta. Erlangga.

Husna Fadhilla. 2013. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pengawasan Keuangan, Dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terhadap Nilai Pelaporan Keuangan Pemerintah (Studi Empiris pada SKPD Pemerintah Kota Padang Panjang). Artikel Ilmiah.

Iftitah Dian Humairoh. 2013. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) tehadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Artikel Ilmiah Mahasiswa.

Imam Ghozali. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jusup Al. Haryono. 2001. Auditing (Pengauditan). Yogyakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Kadek Desiana Wati, Nyoman Trisna Herawati, Ni Kadek Sinarwati. 2014. Pengaruh Kompetensi SDM, Penerapan SAP, Dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah. e-Journal S1 Ak. (Volume 2 No: 1 Tahun 2014).

Liza Rahayu, Kennedy, Yuneita Anisma. 2014. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, dan Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Provinsi Riau (Studi Empiris Pada SKPD Provinsi Riau). JOM FEKON Vol. 1 Nomor. 2 Oktober 2014.

Mahsun Mohammad, et al. 2007. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta. BPFE-YOGYAKARTA.

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Jakarta.Penerbit Andi.

Mulyadi. 2002. Auditing. Jakarta. Salemba Empat.

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Rinda Permata Sari. 2015. Pengaruh Penerapan Anggraran Berbasis Kinerja, Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja SKPD Provinsi Riau (Studi Empiris Pada SKPD Provinsi Riau). Jom FEKON Vol. 2 No. 1 Februari 2015.

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negri Sipil. Bandung. Refika Aditama.

Siregar Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif (Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS). Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/aktiva.v1i1.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

 

 

    

 Member Of:

 

Reference Manager:

  

Published by Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_aktiva/index

Email: jaa.unira@gmail.com

AKTIVA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.