PROSEDUR PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SIKLUS PENERIMAAN KAS DAN PENGELUARAN KAS PADA UMKM OTAK KOPI DI KOTA TULUNGAGUNG

Elena Hafizah, zaki baridwan

Abstract


ABSTRACT

Internal Control is an important thing in an organization, this can be seen from the culture and capabilities of the organization in a businnes. The purpose of this study was to determine the procedure to improve internal control in solving the problem of cash receipts and disbrursements cycles at UMKM Otak Kopi at Tulungagug City. This research uses descriptive qualitive methods supported by documentation, observation, and interviews. The results of the analysis of this study still found problems related to recording the cash receipt and disbursement cycles used by UMKM manually, the division of duties and responsibilities of employees was not appropriate, and there was no journal-related recording in the cash receipts and disbursement cycles. To solve this problem, the researchers gave suggestions related to procedures for increasing internal control in the cycle of cash receipts and cash disbursements at UMKM Otak Kopi at Tulungagung City.

Keywords: Internal Control, Cash Receipts, Cash Disbursements.

ABSTRAK

Pengendalian internal merupakan hal penting yang ada dalam sebuah organisasi, hal ini bisa dilihat dari budaya dan kemampuan organisasi pada suatu bisnis usaha. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prosedur meningkatkan pengendalian internal dalam menyelesaikan masalah siklus penerimaan dan pengeluaran kas pada UMKM Otak Kopi di Kota Tulungagung. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif deskriptif didukung dengan dokumentansi, observasi, dan wawancara. Hasil analisis penelitian ini masih ditemukan masalah terkait pencatatan siklus penerimaan dan pengeluaran kas yang digunakan oleh  UMKM masih secara manual, pembagian tugas dan tanggungjawab karyawan belum sesuai, dan belum ada pencatatan terkait jurnal dalam siklus penerimaan dan pengeluaran kas. Untuk menyelesaikan masalah tersebut peneliti memberikan usulan terkait prosedur meningkat pengendalian internal dalam sikluspenerimaan kas dan pengeluaran kas pada UMKM Otak Kopi di Kota Tulungagung.

Kata Kunci: Pengendalian Internal, Penerimaan Kas, Pengeluaran Kas


Keywords


Pengendalian Internal, Penerimaan Kas, Pengeluaran Kas

Full Text:

PDF

References


Hall, James., A. (2001). Sistem Informasi Akuntansi. Buku-1. Jakarta: Salemba Empat

Kulla, D. D., & Suhendrik, H. (2020). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Dalam Upaya Meningkatkan Pelaporan Keuangan UMKM Kerajinan Kayu UD. Rizky (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi).

Mahatmyo, A. (2014). Sistem Informasi Akuntansi Suatu Pengantar. Deepublish

Meiliana, K., & Dewi, A. F. (2017). Analisis penggunaan sistem informasi akuntansi pada usaha kecil dan menengah di Yogyakarta.

Mulyadi. (2018). Sistem Akuntansi. Edisi Ke-4. Jakarta: Salemba Empat

Rachman, W. A., & Sularto, L. (2011). Analisis dan Desain Sistem Informasi Akuntansi Pada Usaha kecil dan Menengah (Studi Kasus Pada CV Smart Teknologi Indonesia. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur &Sipil), 4.

Romey, M. B., & Steinbart, P. J. (2014). Sistem Informasi Akuntansi (Accounting System Information). Edisi ke-13. Jakarta: Salemba Empat

Sinarwati, N. K., Sujana, E., & Herawati, N. T. (2019). Peran Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Mobile Bagi Peningkatan Kinerja UMKM. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(1), 26-32.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Diakses dari https://www.ojk.go.id/sustainable-finance/id/peraturan/undang-undang/Documents/Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing: 

 

 

    

 Member Of:

 

Reference Manager:

  

Published by Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231

website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_aktiva/index

Email: jaa.unira@gmail.com

AKTIVA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.