KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR: KEWAJIBAN MORAL DAN SANKSI PERPAJAKAN
Abstract
The objective of the research is to get empirically evidence of the influence of the awareness, moral obligations, service quality, sanctions, knowledge, and drive thru samsat sytems on taxpayer compliance. Population used in this research is vehicle’s taxpayer in Special Capital Region of Jakarta. Data collecting using questionnaires distributed through google forms to the respondents. The number of the sample consists of 119 respondents. Sampling method used in this research is convenience sampling and the data analysis method used is multiple linear regression. The result showed that moral obligations and sanctions have influenced on taxpayer compliance. While awareness, service quality, knowledge, and drive thru samsat sytems have not influenced on taxpayer compliance in Special Capital Region of Jakarta. The higher of moral obligations and sanctions, the higher of taxpayer compliance in Special Capital Region of Jakarta in paying motor vehicle taxes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, N.S., & Putra, R.E. (2019). Pengaruh Kesadaran Masyarakat, Sanksi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Measurement Jurnal Akuntansi, 13(1), 57-64.
Aswati, W.O., Mas’ud, A., & Nudi, T.N. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak dan Akuntabilitas Pelayanan Publik terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Kantor UPTB SAMSAT Kabupaten Muna). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 3(1), 27-39.
Dewi, N.K.A.P., & Jati, I.K. (2018). Pengaruh Sosialisasi, Kualitas Pelayanan, Sanksi dan Biaya Kepatuhan pada Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 25(01), 1-30.
Febriyanti, A.A.I.I., & Setiawan, P.E. (2017). Analisis Aspek-Aspek Wajib Pajak sebagai Anteseden Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Gianyar. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21(2), 996-1025.
Ilhamsyah, R., Endang, M.G.W., & Dewantara, R.Y. (2016). Pengaruh Pemahaman dan Pengetahuan Wajib Pajak tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus SAMSAT Kota Malang). Jurnal Perpajakan (JEJAK), 8(1), 1-9.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing Management. Pearson Education Limited. England.
Noermansyah, A.L., & Aslamdin, I. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Ketidakpatuhan Wajib Pajak Daerah di Kota Tegal. Jurnal Aset (Akuntansi Riset), 11(2), 329-339.
Nugraheni, A.D., & Purwanto, A. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris pada Wajib Pajak di Kota Magelang). Diponegoro Journal of Accounting, 4(3), 1-14.
Nurlaela, L. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Samsat Kabupaten Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 17(02), 46-55.
Puteri, P.O., Syofyan, E., & Mulyani, E. (2019). Analisis Pengaruh Sanksi Administrasi, Tingkat Pendapatan dan Sistem Samsat Drive Thru terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Kantor Samsat Kota Padang). Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1569-1588.
Putra, I.M.A.D., & Jati, I.K. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama Samsat Tabanan. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 18(1), 557-587.
Rizal, A.S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor dan Sistem Samsat Drive Thru terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 7(1), 76-90.
Ruky, N.E., Putra, W.E., & Mansur, F. (2018). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Akuntabilitas Pelayanan Publik dan Kewajiban Moral terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada Kantor Bersama SAMSAT Kota Jambi). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 6(3), 405-418.
Tresnalyani, N.K.M., & Jati, I.K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Perpajakan dan Biaya Kepatuhan pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 24(1), 578-605.
Virgiawati, P.A., Samin, & Kirana, D.J. (2019). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi pada Wajib Pajak di SAMSAT Jakarta Selatan). Jurnal Monex, 8(2), 19-33.
Wardani, D.K., & Rumiyatun. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor dan Sistem Samsat Drive Thru terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus WP PKB roda empat di Samsat Drive Thru Bantul). Jurnal Akuntansi, 5(1), 15-24.
Widajantie, T.D., Ratnawati, D., Thamrin, T., & Arifin, M.H. (2019). Pengaruh Kesadaran Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Kantor Bersama SAMSAT Surabaya Selatan). Behavioral Accounting Journal, 2(1), 41-53.
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/aktiva.v6i1.1000
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing:
Member Of:
Reference Manager:
Published by Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_aktiva/index
Email: jaa.unira@gmail.com
AKTIVA by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.