SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN NILAI KREDIT PINJAMAN DENGAN FUZZY LOGIC MODEL TSUKAMOTO

Farid Rizaldi, Achmad Zakki Falani

Abstract


Di dalam dunia perbankan perbandingan nasabah untuk meminjam dana hampir sama atau bahkan  lebih tinggi dari pada nasabah yang menabung, baik itu di bank atau bahkan dikoperasi sebagai pihak kreditur. Maka oleh sebab itu koperasi Artha Mandiri sebagai pihak kreditur tentunya harus menggunakan analisis yang tepat dalam memberikan nilai pinjaman dana kepada nasabah. Untuk memberikan nilai pinjaman yang di dasarkan dari faktor variabel-variabel pada setiap nasabah, tentu akan mempermudah pihak kreditur dalam mengambil keputusan. Pemanfaatan  Fuzzy Logic model Tsukamoto akan menyelesaikan atau mengurangi tingkat resiko permasalahan dalam memberikan nilai pinjaman, dikarenakan faktor-faktor yang mempengaruhi nominal pinjaman yang akan diberikan memiliki jenis variabel bias atau banyak ketidak pastian yang menyertainya. Dengan sistem pendukung keputusan berbasis fuzzy logic ini nantinya akan menjawab permasalahan tersebut. Sistem ini diujikan terhadap 853 nasabah mulai dari bulan maret 2015 sampai bulan maret 2019. Untuk nilai hipotesa dari hasil sistem ini telah menghasilkan rata-rata MAPE atau mencapai akurasi sebesar  98%.

 

Kata Kunci : Sistem penunjang keputusan, fuzzy logic model tsukamoto, penentuan nilai pinjaman kredit.


Full Text:

PDF

References


Asrori, M., & Falani, A. Z. (2019). IMPLEMENTASI PENENTUAN PEMBERIAN TUNJANGAN PENDIDIK & TENAGA KEPENDIDIKAN BERBASIS FUZZY DATABASE MODEL TAHANI. Insand Comtech : Information Science and Computer Technology Journal.

Brata, A. (2016). Penerapan Fuzzy Time Series Dalam Peramalan Data Seasonal. Skripsi.

Cox, E. (1994). The Fuzzy System Handbook Second Edition. Massachusetts: Academic Press.

Efendi, R., Ernawati, & Hidayati, R. (2014). APLIKASI FUZZY DATABASE MODEL TAHANI DALAM MEMBERIKAN REKOMENDASI PEMBELIAN RUMAH BERBASIS WEB. Pseudocode, 1 Nomor 1, 12.

Efraim, T., Jay, E. A., & Ting, P. L. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems. Yogyakarta: Andi .

Gayatri , D. S., & Wayan, F. a. (November 2015). PENENTUAN PEMASOK BAHAN BAKU MENGGUNAKAN FUZZY INFERENCE SYSTEM TSUKAMOTO. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.

Gelley, N. (2000). Fuzzy Logic Toolbox. USA: Mathwork,inc.

Kaswidjanti, W., Sasmito, A., & Wicaksono, B. C. (2014). Implementasi Fuzzy Inference System Metode Tsukamoto Pada Pengambilan Keputusan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah. Jurnal Telematika, 137-146.

Kusumadewi, S., & Hari Purnomo. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumadewi, S., & Purnomo, H. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan.

Rijal, Y., & Yus Amalia. (2016). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENETAPAN TUNJANGAN PRESTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY-TSUKAMOTO (Studi Kasus Di PT.Boxtime Indonesia). MATEMATIKA “MANTIK”, 01, 9.

Susanto, A. (2004). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Sinar Baru Alegesindo.

Syafrianto, A. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Kredit Pinjaman UKM Di Koperasi Sejahtera. Jurnal Ilmiah DASI, 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jic.v5i1.827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN: 2580-488X

P-ISSN: 2302-6227

Indexed by:

Published by Prodi Informatika - Teknik Informatika - Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/index

Email: roney@unira.ac.id

Creative Commons License
InsandComtech by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.