IMPLEMENTASI METODE EXTREME PROGRAMMING (XP) PADA APLIKASI BANK SAMPAH BINA USAHA KALIREJO (BUK)
Abstract
Masalah dengan pengelolaan sampah adalah paradigma masyarakat yang mengandalkan semua pengelolaan limbah kepada pemerintah yang membutuhkan anggaran besar. Salah satu alternatifnya adalah menyelamatkan sampah di Bank Sampah Bina Usaha Kalirejo (BUK), di mana sampah akan ditukar dengan nilai rupiah (moneter), tetapi saat ini sistem administrasi di BUK Bank Sampah masih sangat minim, semua administrasi di BUK Bank Sampah masih menggunakannya secara manual sehingga tidak efisien dalam memproses data dan tidak ada data cadangan sehingga jika buku hilang maka data juga akan hilang. Penulis mengambil inisiatif untuk merancang dan membangun aplikasi aplikasi Bina Usaha Kalirejo Bank (BUK) dengan metode Extreme Programming (XP) yang bertujuan untuk memudahkan petugas untuk membantu Bank Sampah (BUK) menyelesaikan masalah dalam proses administrasi dan pengolahan data nasabah maupun data transaksi
Kata Kunci : Sampah, Extreme Programming, Aplikasi, Bank Sampah
Full Text:
PDFReferences
Andy. D.Riyanto ,G. Kusumastuti. 2015. Pembangunan Sistem Informasi Pengolahan Data Pada Tabungan Bank Sampah "Ceria" Purwokerto. Jurnal Telematika. Vol. 8 No.2
H. Bachtiar dkk. 2015. Pengembangan Bank Sampah Sebagai Bentuk Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah (Studi Pada Koperasi Bank Sampah Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 1, Hal. 128-133
Arsiah R. Rezania A. 2018. Penerapan Extreme Programming Dalam Membangun Aplikasi Pengaduan Layanan Pelanggan (PaLaPa) Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). Vol. 5 No. 2
Fatoni, Ahmad, and Dhany Dwi. "Rancang Bangun Sistem Extreme Programming Sebagai Metodologi Pengembangan Sistem." PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer 3.1 (2016).
Aji, Tristanto Ari, Ema Utami, and Andi Sunyoto. "Evaluasi Sistem Informasi yang Dikembangkan Dengan Metodologi Extreme Programming." Data Manajemen dan Teknologi Informasi (DASI) 15.4 (2014): 53.
Fahrurrozi, Imam, and S. N. Azhari. "Proses Pemodelan Software Dengan Metode Waterfall dan Extreme Programming: Studi Perbandingan." Jurnal Online STMIK EL Rahma (2012): 1-10.
Beck, Kent, and Erich Gamma. Extreme programming explained: embrace change. addison-wesley professional, 2000
DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jic.v5i1.825
Refbacks
- There are currently no refbacks.
E-ISSN: 2580-488X
P-ISSN: 2302-6227
Indexed by:
Published by Prodi Informatika - Teknik Informatika - Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/index
Email: roney@unira.ac.id
InsandComtech by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.