SISTEM INFORMASI PENGADUAN (KOMPLAIN)PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS BANGIL MENGGUNAKAN METODE KUANTITATIF DAN KUALITATIF

Dewi Masyithoh Putri, Mohammad Noval Riswandha

Abstract


Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) adalah salah satu fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan status kesehatan masyarakat. Dalam meningkatkan kualitas layanan yang tersedia di Puskesmas, ada kebutuhan untuk mengajukan pengaduan terhadap layanan yang telah mereka terima di Puskesmas. Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk merancang situs web keluhan unit layanan kesehatan. Metode yang digunakan adalah Metode Kuantitatif di mana data keluhan yang masuk dinyatakan dalam bentuk angka sebagai hasil pengukuran yang dapat ditampilkan melalui persentase untuk mengetahui tingkat kualitas layanan dan Metode Kualitatif untuk mengurangi data dan menarik kesimpulan pada data yang sudah diperoleh di lapangan. Hasil penelitian ini berupa situs web diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi Puskesmas Bangil dalam mengelola dan mengolah data pengaduan layanan kesehatan sehingga Puskesmas dapat meningkatkan kualitas layanan dan mempermudah masyarakat untuk menyampaikan pengaduan (komplain) .

 

Kata kunci: Sistem Informasi Keluhan, Layanan Keluhan, Kualitas Layanan, PHP, MYSQL


Full Text:

PDF

References


Adi Supriyatna, V. M. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Infomasi DJP ONLINE dengan Kerangka PIECES. Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(2), 88–94.

Amalia, R. (2015). Manajemen Komplain Pada Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Informasi (PPTI) Universitas Brawijaya , 5(1), 218–223.

Anofrizen. (2017). Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Program Keluarga Harapan Kota Pekanbaru ( Studi Kasus : Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Pekanbaru ). Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(6), 97–101.

Ii, B. A. B., & Umum, T. (2012). Politeknik Negeri Sriwijaya, 8–36.

Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 127–138.

Musianto, L. S. (n.d.). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian, 123–136.

Primawati, A., & Lestari, M. (2012). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Online Penangan Keluhanan Konsumen Pada Pasar PT . X, 2012(Snati), 15–16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN: 2580-488X

P-ISSN: 2302-6227

Indexed by:

Published by Prodi Informatika - Teknik Informatika - Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/index

Email: roney@unira.ac.id

Creative Commons License
InsandComtech by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.