IMPLEMENTASI PENENTUAN PEMBERIAN TUNJANGAN PENDIDIK & TENAGA KEPENDIDIKAN BERBASIS FUZZY DATABASE MODEL TAHANI

M. Asrori, Achmad Zakki Falani

Abstract


Fuzzy database model tahani merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk proses pengambilan keputusan. Dalam penelitian ini, aplikasi fuzzy database model tahani dibangun untuk membantu menentukan pemberian tunjangan kepada pendidik dan tenaga kependidikannya, sehingga tunjangan yang diberikan tepat sasaran dan objektif sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Dengan memanfaatkan database Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang ada seperti usia, masa kerja, TMT sertifikasi dan gaji, maka pihak sekolah lebih mudah untuk mengolah data PTK dalam menentukan calon penerima tunjangan dengan menggunakan sistem pendukung keputusan ini. Jika hanya menggunakan database standar masih mengalami kesulitan dalam menentukan penerima tunjangan karena pada database standar bersifat pasti. Sehingga pengolahan data yang ada lebih bersifat fuzzy. Misalnya usia yang dikategorikan muda, parobaya dan tua. Hasil dari penelitian ini adalah terbuatnya suatu sistem informasi pengolahan data Pendidik dan Tenaga Kependidikan sebagai penunjang keputusan untuk menentukan pemberian tunjangan. Informasi yang dihasilkan adalah berupa daftar nama yang berhak menerima tunjangan akhir tahun pelajaran berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan.

Kata kunci: sistem penunjang keputusan, fuzzy database model tahani, tunjangan akhir tahun


Full Text:

PDF

References


Charolina, Y. (2016). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PEMBERIAN BONUS TAHUNAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC TIPE MAMDANI (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Sunhope Indonesia Di Jakarta). TEKNOLOGI INFORMASI, 12, 12.

Database, P. Q. (2019, Maret 18). pengertian-query. Retrieved from nesabamedia: https://www.nesabamedia.com/pengertian-query/

Efendi, R., Ernawati, & Hidayati, R. (2014). APLIKASI FUZZY DATABASE MODEL TAHANI DALAM MEMBERIKAN REKOMENDASI PEMBELIAN RUMAH BERBASIS WEB. Pseudocode, 1 Nomor 1, 12.

Fallani, A. Z., Arasy Alimudin, Soebandi, & Bustomi Arifin. (2017). Strategic Decision Making Based on Information Systems for Improving the Competitiveness of Small and Medium Enterprises in the Trade Sector ofthe City Tourism and Trade. International Conference on Management and Entrepreneurship(i-CoME).

Kahar, N. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Jamkesda Di Kota Jambi. Konferensi Nasional Informatika., 1, 215-220.

Kusumadewi, S., & Hari Purnomo. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Purba, M. (2015, Mei Kamis). Retrieved Maret Kamis, 2019, from simple25life.blogspot.com

Purwanti, W. N., & Patria, L. (2013). PENERAPAN LOGIKA FUZZY PADA PENILAIAN KINERJA PEGAWAI: STUDI KASUS UNIVERSITAS TERBUKA. Tangerang Selatan.

PUTRI, R. L. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENETAPAN TUNJANGAN PRESTASI KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO (STUDI KASUS PT. SENTOSA BARAJAYA UTAMA). Malang.

Rijal, Y., & Yus Amalia. (2016). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENETAPAN TUNJANGAN PRESTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY-TSUKAMOTO (Studi Kasus Di PT.Boxtime Indonesia). MATEMATIKA “MANTIK”, 01, 9.

Susanto, A. (2004). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Sinar Baru Alegesindo.

Widodo, & Utomo. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Travel Recommender Berbasis WAP Menggunakan Metode Fuzzy Model Tahani (Studi Kota Semarang). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5.

Youguo Li. (2012a). A Clustering Method Based on K-Means Algorithm. International Conference on Solid State Devices and Materials Science. China: Elsevier.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN: 2580-488X

P-ISSN: 2302-6227

Indexed by:

Published by Prodi Informatika - Teknik Informatika - Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/index

Email: roney@unira.ac.id

Creative Commons License
InsandComtech by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.