IMPLEMENTASI METODE AHP UNTUK REKOMENDASI PEMILIHAN MEREK GITAR AKUISTIK TERBAIK

Latipah Latipah, Elly Fadillah

Abstract


Gitar adalah salah satu alat musik yang sederhana namun banyak ditemukan dan digunakan dalam segala bidang.Seiring dengan perkembangan teknologi,gitar memiliki berbagai jenis merek, bentuk, dan desain.Permasalahan yang sering terjadi adalah memilih gitar sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita.Tujuan penelitian iniadalah menentukan alternatif produk gitar berjenis akustik elektrik terbaik yang sesuaidengan keinginan, kebutuhan, dan anggaran konsumen, sehingga konsumen dapatmemperoleh produk dengan spesifikasi terbaik sesuai dengan kriteria danalternatif yang telah dipilih melalui tahapan metode Analytic Hierarchy Process(AHP).Kriteria-kriteria yang diambil untuk pengukuran adalah keunikan bentuk, suara, senar, ukuran, bahan, dan harga.Alternastif-alternatif merek gitar yang dimasukkan dalam sistem adalah gitar berjenis akustik elektrik dengan merek ESP, Fender, Gibson, Ibanez, Martin & Co., dan Yamaha.Metodologi yang digunakan adalah identifikasi masalah, pengumpulan data, perhitungan manual, analisa sistem, desain sistem, pembangunan aplikasi, pengujian sistem, dan pelaporan.Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah dengan melakukan wawancara dan observasi langsung ke lapangan, dimana gitar dijual.Desain aplikasi dirancang dengan menggunakan UML dan pengujian yang digunakan adalah blackbox.Aplikasi yang dibangun ini adalah aplikasi yang memudahkan pengguna untuk mencari jenis gitar yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna.Kedepannya, aplikasi ini dapat dikembangkan lagi dengan menambahkan jenis gitar yang lain selain gitar akuistik, seperti gitar listrik. 

Kata kunci : AnalyticHierarchyProcess (AHP), Sistem Pendukung Keputusan,Gitar Akustik Elektrik, Web


Full Text:

PDF

References


Amelia Yusnita & Rosiana Handini.2012. Sistem Pendukung Keputusan Menentukkan Lokasi Rumah Makan yang Strategis Menggunakan Metode Naive Bayes.STMIK Widya Cipta Dharma.STMIK Widya Cipta Dharma. Semarang.

Deni Sutaji. 2012. Sistem Inventory Mini Market dengan PHP dan Jquery Cetakan 1. Lokomedia, Yogyakarta.

Efraim Turban, dkk. 2011. Decision Support and Business Intelligence Systems, 9th Edition. Prentice Hall. United States.

Efraim Turban, dkk. 2015. Business Intelligence and Analytics: Systems for Decision Support, 10th Edition. Prentice Hall. United States.

Ellya Sestri. 2013. Penilaian Kinerja Dosen dengan Menggunakan Metode AHP Studi Kasus di STIE Ahmad Dahlan Jakarta.STIE Ahmad Dahlan. Jakarta.

Faisal, Ahmad, Al Kautsar.2016.Mahir Bermain Gitar UntukPemula.Yogyakarta:Genesis Learning

Fender. 2017. Best-Selling Acoustics. http://shop.fender.com/en/intl/best-selling-acoustics/ (diakses 12 Oktober 2017)

Gibson. 2017. Products Acoustic Instruments. http://www.gibson.com/Products/Acoustic-instruments.aspx?ModelYear=ALL (diakses 12 Oktober 2017)

Ibanez. 2017. Products Acoustic Guitars. http://www.ibanez.com/products/ag_top17.php?area_id=4&year=2017&cat_id=3 (diakses 12 Oktober 2017)

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Andi.Yogyakarta.

MADCOMS. 2008. PHP dan MySQL untuk Pemula Edisi 1. Andi.Yogyakarta.

Maghfiroh, Nurul dan Marimin (2010), Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusandan Manajemen Rantai Pasok. IPB Press, Bogor.

Martin & Co. 2017.Guitars. https://www.martinguitar.com/guitars/ (diakses 12 Oktober 2017)

Saaty, Thomas L. 2008. Decision Making with The Analytic Hierarchy Process. University of Pittsburgh, United States.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jic.v4i1.666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN: 2580-488X

P-ISSN: 2302-6227

Indexed by:

Published by Prodi Informatika - Teknik Informatika - Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/index

Email: roney@unira.ac.id

Creative Commons License
InsandComtech by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.