PEMBUATAN MODUL APLIKASI PENENTUAN TINGKAT PRESTASI SISWA MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR

Sudiyanto Sudiyanto, Muhammad Yasir Zain

Abstract


Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting untuk kemajuan bangsa ini. Sekolah sebagai institusi pendidikan, mengembangkan berbagai sistem pembinaan yang sifatnya memotivasi dan mengembangkan potensi para siswa. Salah satunya dengan melakukan pemilihan siswa berprestasi. Namun  pada  proses  menentukan siswa berprestasi hanya  dinilai berdasarkan aspek akademik saja. Seperti pada SMK Hidayatul Yaqin masih belum seimbang dalam melakukan penilaian dikarenakan nilai akademik masih menjadi pertimbangan yang utama dibandingkan nilai non-akademik. Sehingga timbul masalah dalam penentuan siswa berprestasi dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dalam menentukan siswa berprestasi. Untuk itu perlu diterapkan sistem yang mampu bekerja secara cepat, tepat dan obyektif dalam menentukan prestasi siswa sehingga hasil yang dikeluarkan tersebut valid dan benar-benar bisa dikatakan bahwa siswa tersebut merupakan siswa yang berprestasi. Dalam pembuatan sebuah aplikasi perlu  adanya metode-metode pedukung yang digunakan didalamnya. Metode yang digunakan adalah K-Nearest Neighbor sebagai pengklasifikasian untuk perankingan.  Berdasarkan dari hasil perbandingan antara data aplikasi dengan data manual dari pihak sekolah dan data keluaran aplikasi untuk metode  K-Nearest Neighbor memiliki akurasi secara berturut-turut sebesar 56,67% dan 76,67%. Sedangkan untuk mendukung jalannya aplikasi ini ada beberapa software yang digunakan untuk pembuatan, menjalankan aplikasi tersebut, hasil perbandingan perankingan antara data aplikasi dengan data manual dari pihak sekolah dan data keluaran sistem untuk metode  K-Nearest Neighbor memiliki akurasi secara berturut-turut sebesar 11,1% dan 100%. 

Kata Kunci : Sistem Informasi , KNN, PHP, MySQL.


Full Text:

PDF

References


Alfata, Hanif. 2009 Perancangan Sistem Informasi. Andi Offset: Yogyakarta.

Han, J.,&Kamber, M. 2006.Data Mining Concept and Tehniques.San Francisco : Morgan Kauffman.

Lubis, Sofyanda.2010. Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web Pada SMA Swasta Muhammadiyah 2 medan. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Kusrini&Luthfi,E.T. 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta : Andi Publishing.

Siti, Wulandari. 2014. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting(SAW) pada SMP Negeri 1 Kota agung Kabupaten Tenggamus.STMIK Pringsewu.Tenggamus.

Listiowarni, Indah, and Eka Rahayu Setyaningsih. 2018. “Feature Selection Chi-Square Dan K-NN Pada Pengkategorian Soal Ujian Berdasarkan Cognitive Domain Taksonomi Bloom.” Jurnal Komputer Terapan 4(1): 21–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jic.v3i1.664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN: 2580-488X

P-ISSN: 2302-6227

Indexed by:

Published by Prodi Informatika - Teknik Informatika - Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/index

Email: roney@unira.ac.id

Creative Commons License
InsandComtech by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.