APLIKASI PEMETAAN REALISASI FISIK DAN KEUANGAN PADA DINAS PERIKANAN DAN KELAUTAN KABUPATEN PAMEKASAN

Ifon Farisi Purnama, Badar Said

Abstract


Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pamekasan merupakan salah satu dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKBD) yang ada di Kabupaten Pamekasan yang dibentuk sebagai penyelenggara rencana anggaran APBD pemerintah setiap tahun untuk meningkatkan pelayanan umum dan kesejahteraan masyarakat daerah khususnya di daerah pesisir. Laporan yang masih ditulis manual terkadang sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan informasi sebagai acuan perealisasian agar tidak terjadi penumpukan dana pada daerah tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk Membuat aplikasi pemetaaan realisasi fisik dan keuangan sebagai bahan acuan untuk memudahkan plotting kegiatan setiap tahun. Mengaplikasikan sistem informasi dalam menganalisis realisasi fisik dan keuangan pada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pamekasan. Disini penulis merancang sebuah sistem informasi berbasi WEB, yang sistem operasinya menggunakan bahasa pemrograman PHP serta database menggunakan MySQL. yang digunakan oleh tiga pengguna (user) yaitu admin, Kepala Dinas dan Team Direksi dalam pengolahan datanya. Hasil penelitian ini dapat membangun suatu sistem informasi dalam bentuk visual berupa peta serta plotting terhadap daerah yang sudah mendapatkan realiasai kegiatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasanya dengan adanya aplikasi ini dapat membantu petugas kantor terhadap kinerja penyelenggaraan kegiatan APBD dalam proses perencanaan kegiatan, penetuan lokasi realisasi kegiatan, serta laporan realisasi kegiatan. sehingga memudahkan proses perealiasasian kegiaatan APBD pada tahun-tahun berikutnya..

 

Kata Kunci : Sistem Informasi, PHP, MySQL.


Full Text:

Pdf

References


Abdul Kadir, 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Andi : Yogyakarta

Abdul Kadir, 1999, Konsep & Tuntunan Praktis Basis Data, Andi : Yogyakarta.

Ladjamaluddin, Al-Bahra, 2004, Konsep Sistem Basis Data dan Implementasinya, Graha Ilmu : Yogyakarta

Muzakkar, M.,2010, Membangun Aplikasi Pemetaan Wilayah Perkebunan Kelapa Sawit Di Propinsi Bengkulu Berbasis GIS, Jurnal “Jurusan Teknik Informatika,STMIK EL RAHMA”, Yogyakarta.

Syofyan, Irwandy,2010, Aplikasi Sistem Informasi Geografis Dalam Penetuan Kesesuaian Kawasan Keramba Jaring Tancap dan Kesesuaisan Kawasan Keramba Jaring Tancap Dan Rumput Laut Di Perairan Pulau Bunguran Kabupaten Natuna, Jurnal Perikanan dan Kelautan 15.2 (2010) : 111-120 “Jurusan Ilmu Kelautan ”. Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jic.v3i1.663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN: 2580-488X

P-ISSN: 2302-6227

Indexed by:

Published by Prodi Informatika - Teknik Informatika - Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/index

Email: roney@unira.ac.id

Creative Commons License
InsandComtech by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.