AUDIT SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN COBIT DI UNIVERSITAS ISLAM MADURA

Yudha Dwi Putra Negara

Abstract


Penggunaan Teknologi Informasi (TI) dalam perguruan tinggi dikatakan bermanfaat jika penerapannya sesuai dengan visi, dan misi organisasi. UIM merupakan perguruan tinggi yang telah menerapkan teknologi informasi dalam proses operasionalnya. Dalam pencapaian visi organisasi maka penggunaan TI dalam organisasi harus selalu diawasi sehingga layanan yang diberikan kepada pengguna dapat maksimal, diantaranya adalah dengan melakukan proses audit untuk mengidentifikasi tingkat kematangan TI sehingga pihak manajemen TI dapat menemukan solusi dari proses yang dirasa kurang maksimal. Pengukuran teknologi informasi dilakukan menggunakan COBIT 4.1 difokuskan pada domain Monitor and Evaluate (ME), alasannya adalah metode tersebut lebih berfokus kepada proses yang diinginkan. [1] Proses TI yang baik akan menghasilkan kegiatan operasional yang baik. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah mengukur dan mengetahui tingkat kematangan teknologi informasi akademik yang diterapkan UIM berdasarkan data yang diperoleh dari sampel lingkungan kampus UIM.

 

Kata Kunci : Audit, COBIT 4.1, SI Akademik, UIM


Full Text:

PDF

References


D. I. Ulumi, E. D. and Y. F. , 2014, "Audit TeNOSS Menggunakan COBIT 5 pada Domain Deliver, Service and Support (DSS)," Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. Vol.2 No 2, pp. 1-16,

Yuwono, B., & Vijaya, A. (2012). Mengukur Korelasi Antara Tingkat Kemapanan Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Produktivitas Perusahaan. Jurnal Sistem Informasi, 7(1), 34-41.

Suryadi Syamsu, 2015, Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Model Maturity Level Menggunakan Framework COBIT 4.1 (Studi Kasus: PT. Suracojaya Abadi Motor), Vol 7, No 4 (2015): Jurnal Speed 28.

Hendriadi, A. A. (2012). Pengukuran Kinerja Sistem Informasi Akademik Dengan Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1 Pada Domain Plan And Organise Di Universitas Singaperbangsa Karawang. Majalah Ilmiah SOLUSI, 10(23).

S.R.A. Manuputty, 2012, “Pengukuran Tingkat Kematangan Sisem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP) di KPP Pratama Semarang Timur Menggunakan Framework COBIT 4.1 (Domain Deliver and Support)”,Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Infomasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jic.v2i2.434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN: 2580-488X

P-ISSN: 2302-6227

Indexed by:

Published by Prodi Informatika - Teknik Informatika - Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/index

Email: roney@unira.ac.id

Creative Commons License
InsandComtech by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.