APLIKASI PENCARIAN TEMPAT TINGGAL SEMENTARA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS MADURA (UNIRA) BERBASIS ANDROID

Retno Sukmawati, Fauzan Prasetyo, Nilam Ramadhani, Irwan Darmawan, Nirwana Haidar Hari

Abstract


Tempat kos merupakan tempat tinggal yang digunakan oleh orang lain untuk sementara waktu dengan membayar sejumlah uang kepada pemilik tempat tinggal. Tempat kos merupakan temapt alternatif yang digunakan oleh mahasiswa dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Universitas Madura (UNIRA) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Pamekasan. Mahasiswa di lingkungan UNIRA masih banyak yang belum mengetahui lokasi rumah kos beserta informasi yang berkaitan dengan rumah kos. Sehingga terkadang mahasiswa mengalami kesulitan untuk tempat tinggal dan akhirnya akan mempengaruhi proses kuliah mahasiswa. Untuk itulah diperlukan aplikasi yang dapat membantu mahasiswa dalam mencari lokasi rumah kos di lingkungan UNIRA. Agar lebih praktis, pembuatan aplikasi dapat dilakukan dengan berbasis android. Hal ini karena semua perangkat telekomunikasi sudah menggunakan sistem operasi berbasis android. Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan bahwa aplikasi dapat mempermudah user dalam mencari lokasi tempat tinggal sementara di lingkungan UNIRA. Input lokasi lokasi dapat dilakukan oleh admin. User dapat menjadi admin dengan cara memasukkan data tempat tinggal sementara jika telah memberikan komentar sebanyak 200 komentar.

Kata kunci : Android, Mahasiswa, Tempat Kos, Unira


Full Text:

PDF

References


Abidin, B., Prasetyaningrum, I., & Karlita, T. 2014. Sistem Informasi Rumah Kost Online Berbasis Web Dan Messaging. Makalah

Proyek Tugas Akhir Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 1–11.

Hanif, A. 2013. Pencarian Tempat Kos Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Smartphone Android. Skripsi Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Haryanto, E. M. O. 2013. Perancangan Aplikasi Mobile Pencarian Lokasi Penyewaan Rumah Kost Berbasis Android Di Kota Yogyakarta. Naskah Publikasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Amikom Yogyakarta.

Hasbullah. 2014. Sistem Informasi Geografis (SIG) Pemetaan Profil Pondok Pesantren Di Kecamatan Camplong Berbasis Android. Seminar Nasional Humaniora & Aplikasi Teknologi Informasi.

Mega, M. A., Nataliani, Y., & Somya, R. 2012. Aplikasi Pencarian Lokasi Kos Di Salatiga Menggunakan Google Maps API Pada Platform Android. Artikel Ilmiah Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Nugroho, A. M., Mulyana, A., & Wibowo, T. A. 2012. Sistem Informasi Dan Pemesanan Kos Berbasis Sistem Operasi Android. Teknik Telekomunikasi Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom.

Rosadi, D., & Andriawan, F. O. 2016. Aplikasi Sistem Informasi Pencarian Tempat Kos Di Kota Bandung Berbasis Android. Jurnal Computech & Bisnis, 10(1), 50–58.

Setiawan, R. D. 2017. Aplikasi Sistem Informasi Kost Berbasis Android Universitas Muhammadiyah Surakarta. Program Studi Strata I Jurusan Tehnik Elektro Fakultas Tehnik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Triansah, A., Cahyadi, D., & Astuti, I. F. 2015. Membangun Aplikasi Web dan Mobile Android Untuk Media Pencarian Kost Menggunakan Phonegap Dan Google Maps API. Jurnal Informatika Mulawarman, 10(1), 58–61.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jic.v8i1.1889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN: 2580-488X

P-ISSN: 2302-6227

Indexed by:

Published by Prodi Informatika - Teknik Informatika - Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/index

Email: roney@unira.ac.id

Creative Commons License
InsandComtech by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.