ANIMASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN MAMALIA EUTHERIA (BERPLASENTA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK

Muhammad Firdaus, Anang Pramono, Nur Mazuwinas Riana

Abstract


Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam flora dan fauna yang tersebar di seluruh daerah. Salah satunya jenis hewan yang dimiliki adalah mamalia. Pengenalan hewan mamalia kepada anak melalui aplikasi komputer sudah banyak dilakukan melalui aplikasi desktop, web, youtube dll. Namun pengenalan hewan melalui teknologi AR (Augmented Reality) dirasakan masih terbatas. AR merupakan sintesis dari citra nyata dan virtual, yang dapat menggunakan smartphone android. AR dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat menampilkan bentuk hewan secara 3D. Penelitian yang dilakukan adalah mengembangkan pembelajaran hewan mamalia eutheria (berplasenta) untuk anak-anak berbasis AR. Metode yang digunakan untuk pengembangan aplikasi tersebut adalah Goal Direct Design(GDD). Desain dan skenario dibuat dengan menggunakan Hierarcycal Task Analysys (HTA). Adapun pengujian tingkat kegunaan prototipe dan aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode Quality in Use Integrated Measurement(QUIM ). Dari hasil uji prototipe dan aplikasi kepada 30 responden, diperoleh hasil nilai persentase 78% dan 89%, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kegunaan dan penerapan pembelajaran mengenal mamalia telah sesuai dengan karakteristik anak usia 4-8 tahun


Full Text:

PDF

References


Hernawati, K., 2012. Pengenalan Teknologi Sejak dini Dengan Belajar Sambil Bermain Melalui Smartphone. In pp. 978–979.

Milgram, P., Kishino, F. Augmented Reality: A Class of Displays on the Reality virtuality Continuum. In: SPIE Proceeding Telemanipulator and Telepresence Technologies, vol. 2351. 1994.

Saurina, N. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK. Vol.20 No.1

Nuriana, Nina (2017). Pengenalan hewan menggunakan augmented reality sebagai media pembelajaran, Universitas Almuslim.

Darmawan, D., Inovasi Pendidikan. Bandung, Jawa Barat, Indonesia: PT. Remaja Rosdakarya offset, 2012.

Dubberly, H. (2001). Alan Cooper and the Goal Directed Design Process. 1(2)”. San Francisco.

Zakharia, Elia (2016), Perancangan Antarmuka Online Course Pada Perangkat Mobile Menggunakan Teori Usability, Informatika (Vol 12 No.1),pp 80-100

Mira Kania Sabariah, Veronikha Effendy, Muhamad Fachmi Ichsan. (2016). Implementation of Hierarchical Task Analysis for User Interface Design in Drawing Application for Early Childhood Education. Journal of Education and Learning. Vol. 10 (2) pp. 159-166.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jic.v8i1.1885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN: 2580-488X

P-ISSN: 2302-6227

Indexed by:

Published by Prodi Informatika - Teknik Informatika - Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/index

Email: roney@unira.ac.id

Creative Commons License
InsandComtech by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.