ANALISIS MATURITY LEVEL FRAMEWORK ITIL V3 SERVICE DESIGN TEKNOLOGI INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA

Puji Utami Rakhmawati, Lafnidita Farosanti

Abstract


Teknologi informasi menyebabkan revolusi pada perusahaan baik bergerak pada bidang bisnis, manufaktur, pendidikan dan pemerintahan. Nilai investasi dari teknologi informasi bernilai 50 persen dari investasi infrastruktur. Teknologi informasi menjelmakan bisnis yang kasat mata yaitu melalui penggunaan smart phone dan perangkat komputer. Dimana hal ini didukung dengan teknologi berupa teknologi nirkabel. Teknologi ini diakses untuk mendapatkan seputar informasi dimana informasi ini dapat berupa teks, grafik, gambar, video maupun audio. Melalui penelitian ini, peneliti menggunakan sistem informasi pada Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) yang tertuang pada website layanan akademik guna mengevaluasi dan menganalisa sistem informasi yang digunakan tenaga pendidik dalam memberikan layanan terhadap mahasiswa melalui aplikasi website. Analisis ini menggunakan kerangka kerja Information Technology Infrastucture Library (ITIL) dengan V3 (versi 3) berfokus pada kerangka domain service design dengan tingkat kematangan (maturity level) sebagai dasar pengukuran dan analisa untuk mendapatkan kebijakan perbaikan dalam mengembangkan sistem informasi akademik pada UNIWARA dimana untuk menambah value dari investasi terhadap sistem teknologi informasi agar memenuhi tujuan instansi. Metode pengambilan data yang digunakan pada penelitian menggunakan survey kuesioner yang di ukur dengan menggunakan konsep maturity level. Hasil penelitian dengan metode ini menunjukkan bahwa pada proses service catalog management dan supplier management berada di level repeatebale, untuk capacity management berada di level initial. Hal ini mendefinisikan jika ketiga proses tersebut perlu adanya optimalisasi dengan diberikan standarisasi dan dokumentasi untuk mencapai struktur proses yang diharapkan.


Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. 2005. Pengenalan IT. Yogyakarta: 2005 An Introductory Overview of ITIL V3, A High Level Overview of the IT Infrastructure Library, itSMF Ltd, 2007

Andi Jogiyanto. 2011. Tata Kelola Teknologi Informasi . Yogyakarta : Andi.

Cahya Indah safitri, Didi Supriyadi dan Sarah Astiti. 2021. Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework (ITIL) V3. Jurnal JUPITER, Vol. 13, No.1, April 2021. 134-144.

Didin Herlinudinkhaji. 2019. Evaluasi Layanan Teknologi Informasi ITIL Versi 3 Domain Service Designpada Universitas Sri kendal. WJIT, Vol. 1.No. 1. 63-74.

Iden, J, dan Eikebrokk, T.T. 2013. Implementing IT Service Management: A systematic literature review, International Journal of Information Management, 33, 512– 523.

Lingga Priyadi, Rd Rohmat Saeduddin, Rokhman Fauzi. 2019. Penerapan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Pada PT Albasia Nusa Karya dengan menggunakan framework ITIL versi3 pada Domain Service Design. E-proceeding of Engineering: Vol 6, No.1. 1935.

OGC, 2007, The Official Introduction to the ITIL Service Lifecycle, TSO, London.

Retno Dwi Handayani dan RZ Abdul Aziz. 2020. “Framework Information Technology Infrastucture Library (ITIL v3): Audit Teknologi Informasi Sistem Informasi Akademik (siakad) Perguruan tinggi”. Explore, Vol 11, No 1, Juni 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jic.v8i1.1883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN: 2580-488X

P-ISSN: 2302-6227

Indexed by:

Published by Prodi Informatika - Teknik Informatika - Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/index

Email: roney@unira.ac.id

Creative Commons License
InsandComtech by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.