RANCANGAN BANGUN APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU DENGAN METODE AHP BERBASIS WEB

Arda Gusema Susilowati, Ahmad Faisol

Abstract


Kegiatan seleksi penerimaan siswa baru di MTS Darul Falah yang telah berjalan masih memiliki kendala, yaitu lamanya proses memilih siswa dari hasil dipertimbangkan menjadi hasil diterima. Proses ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian sebab siswa yang dipilih harus berkualitas sehingga memenuhi jumlah daya tampung yang ada. Proses ini merupakan penilaian subjektif dari seorang koordinator seleksi penerimaan siswa baru yang dilakukan secara manual dan diproses menggunakan metode AHP (Analytical Hierarkhi Process). Oleh karena itu, untuk memudahkan dan membantu pihak sekolah dalam kegiatan seleksi penerimaan siswa baru didalam memilih siswa dari hasil dipertimbangkan menjadi diterima sebagai siswa maka perlu dibangun sebuah sistem pendukung keputusan yang terkomputerisasi. yang dapat membantu proses penentuan siswa dengan metode AHP (Analytical Hierarkhi Process). Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk perhitungan bobot kriteria akan digunakan untuk mendapatkan bobot peserta dan akan merangkingkan peserta sesuai dengan bobot nya. Kemudian dari bobot kriteria yang sudah didapat maka dilakukan proses pengurutan peserta yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu peserta terbaik.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah Observasi,Studi Pustaka,Dan Wawancara. Program ini dikembangkan dengan menggunakanPHP dan MySQL. Desainnya menggunakan Macromedia Dreamweaver. dengan sistem yang berbasis web yang dapat digunakan atau diakses, maka penggunaan sistem ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Tujuan Tugas Akhir ini untuk mempermudah petugas penerimaan siswa baru di MTS Darul Falah,dan juga mempermudah bagi calon siswa yang ingin mendaftar sebagai calon siswa MTS Darul Falah dengan cara Online tanpa harus berdesak-desakkan untuk mengambil formulir pendaftaran di MTS Darul Falah.


Full Text:

PDF

References


Kusrini.2007. Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan.”STMIK AMIKOM JOGJAKARTA”Jogjakarta.

Masruroh,siti.2012. Sistem informasi penerimaan siswa baru di sma negeri 1 pleret. Jurnal “Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Amikom Yogyakarta” Yogyakarta.

Muzdalifah,Novia,Muna.2009. Sistem Pendukung Keputusan Test Penerimaan Mahasiswa Baru Uin Maulana Malik Ibrahim Malang Menggunakan Model Analytical Hierarchy Process. Jurnal “Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang”Malang.

Nazri,Ade,Amalia.2011. Perancangan Aplikasi Sistem Penentuan Permintaan Siswa Berdasarkan Minat Dan Kemampuan Akademik Siswa Berbasis WEB. Jurnal “Program Studi Teknik Informatika fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah”Jakarta.

Nugroho,Arif,Wahyu.2011. Analisis Dan Perancangan Sistem Penerimaan Siswa Baru Pada Smk Ma’arif 2 Temon Dengan Php Dan Mysql. Jurnal “Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Amikom Yogyakarta” Yogyakarta.

Parmadiharto.2010. Rancang bangun sistem pendukung keputusan pemilihan Sekolah menengah atas (sma) swasta favorit dengan metode Ahp berbasis web. Jurnal.” Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Komputer Universitas Narotama Surabaya”Surabaya.

Pramana, Jaka. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus Stmik Budi Darma Medan). Jurnal “Program Studi Teknik Informatika STMIK Budi Darma Medan”Medan.

Sanada, Herry. 2006. Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Peerimaan Siswa Baru Dengan Menggunakan Metode Ahp Dan Promethee Di Sma. Jurnal “Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia”Bandung.

Sutikno. 2010. sistem Pendukung Keputusan Metode Ahp Untuk Pemilihan Siswa Dalam Mengikuti Olimpiade Sains Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal “Program Studi Ilmu Komputer FMIPA UNDIP”Malang.

Wulan,Raden,Rani.2009. Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Di Sman 26 Bandung.Jurnal “Jurusan Manajemen Informatika Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Universitas komputer Indonesia Bandung”Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jic.v6i1.1671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN: 2580-488X

P-ISSN: 2302-6227

Indexed by:

Published by Prodi Informatika - Teknik Informatika - Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/index

Email: roney@unira.ac.id

Creative Commons License
InsandComtech by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.