ANALISA HUBUNGAN ANTAR ATRIBUT PADA DATA INDUK SISWA MENGGUNAKAN ASSOCIATION RULE MINING (Studi Kasus SDN Batubintang III Pamekasan)

Anna Susanti, Irwan Darmawan

Abstract


Abstrak

Pemilihan jurusan MA merupakan persoalan yang penting dalam mengetahui kemampuan para siswa MA Al-Azhar khusunya pada siswa kelas X yang akan naik ke kelas XI. Hal ini ditujukan untuk mengetahui jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan bakat siswa, mengingat pemilihan jurusan bagi siswa MA merupakan awal dari pemilihan karir siswa kedepannya. Penjurusan di MA Al-Azhar ini mempunyai beberapa kriteria, sehingga membuat guru/wali kelas kesulitan. Untuk itu pihak sekolah mengharapkan adanya sistem informasi pendukung keputusan penjurusan yang dapat membantu dan mempermudah kurikulum dalam penjurusan siswa di kelas X yang akan naik ke kelas XI. Metode yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan penjurusan MA Al- Azhar adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk melakukan proses penjurusan di SMA dengan beberapa kriteria yaitu nilai raport, nilai Test potensi akademik (TPA) IPA, nilai Test potensi akademik (TPA) IPS, nilai kepribadian, nilai bahasa asing dan nilai hadist. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan PHP untuk

bahasa pemprogramannya dan database MySQL.

Hasil penelitian berupa prototipe produk aplikasi yang telah diuji di lapangan serta dinyatakan memenuhi tujuan yang diharapkan dan hasil penjurusan siswa bisa lebih cepat dan akurat sehungga informasi yang dihasilkan bisa digunakan sebagai pendukung keputusan.

 

Kata kunci : Pemilihan jurusan, Analytical Hierarchy Process (AHP).


Full Text:

PDF

References


grawal R., Imilienski T., dan Swami A. (1993). Mining Association Rules between Sets of Items in Large Database . dalam Proc. of ACM SIGMOD'93, pp. 207—216

Han, J., dan Kamber M. (2001). Data mining: Concepts and Techniques . Morgan Kaufmann Soumen, C. (2003).

Mining The Web: Discovering Knowledge from Hypertext Data . Morgan Kufmann Publisher. USA tami E., Isyanti J. E., dan Raharjo S. (2007).




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jic.v6i1.1669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN: 2580-488X

P-ISSN: 2302-6227

Indexed by:

Published by Prodi Informatika - Teknik Informatika - Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/index

Email: roney@unira.ac.id

Creative Commons License
InsandComtech by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.